Saturday 30 April 2016

contoh pelantikan PMII

A.           NalarAwal
Mahasiswa dan Intelektualisme, merupakan dua kata yang tidak dapat dipisahkan, dan berjalan beriringan satu sama lainnya. Mahasiswa dalam tataran social pun masuk dalam kategori tertinggi dalam intelektualnya. Dan intelektualitas, adalah sebuah manifesto pemikiran yang dimiliki mahasiswa yang idealnya dapat diejawantahkan untuk kemasyarakatan, sesuai dengan apa yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia sejak awal kelahirannya (1960) hingga saat ini telah mengharu biru dalam perjalanan sejarah pergerakan bangsa Indonesia, peranannya sebagai organ extraparlementer telah membawa warna tersendiri dalam mengawal terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Di Usianya kini merupakan pencapaian tertinggi apabila diukur dari banyaknya kader-kader yang menepati posisi strategis baik di parlemen, birokrasi pemerintah, maupun menjadi pemimpin cultural juga menjadi professional serta harus mempunyai kadar intelektualitas yang mampu bersaing ditengah masyarakat.
Komitmen perjuangan yang dibingkai dengan paham keagamaan Ahlu Sunnah wal Jama’ah, tidak akan pernah luluh diterpa kondisi zaman sampai kapanpun, karena konstruk aswaja yang diinternalisasi dalam pribadi seorang kader PMII merupakan pemahaman cara pandang dari sebuah teorisasi yang pengaplikasiannya berada pada ranah penemuan sintesa dari hasil dialektika pemikiran, hal itu jauh keluar dari pemahaman awal aswaja yang pada awal berdirinya organisasi masyarakat Nahdlatul ‘Ulama (yang merupakan induk lahirnya PMII), dimana aswaja dipahami hanya pada ranah mazhab dan bukan sebuah metodologi. Sehingga cara pandang yang akan dipakai akan selalu relevan dengan situasi dan kondisi dimana ia berada.
Rangkaian kegiatan ini terinisiasi dari hasil pembacaan kami terhadap kondisi serta tantangan PMII hari ini. Sebagai sebuah organisasi kader, maka dari itu kita harus mempunyai system kaderisasi yang dapat bersaing dimanapun tanpa melupakan sebuah culture PMII dan mamp membuat budaya pergerakan sesuai aswaja yang telah dicita-citakan selama ini serta tidak bersifat pragmatis.
Tuntunan momentum era dimana kira berada hari ini adalah intelektualitas dan mempertahankan budaya pergerakan kearah sistem yang mampu menjadikan kader mampu menjadikan kader berpotensi disegala sektor kehidupan. Maka dari itu pola kaderisasi yang telah berlangsung selama ini tidak berarti harus ditinggalkan. Tetapi tidak dilanjutkan tetapi tetap dilanjutkan sebagai bentuk internalisasi pemikiran dan ideologis. Dan selanjutnya, melengkapinya dengan pola kaderisasi yang selama ini dinegasikan, yaitu meningkatkan intelektualitas yang mampu berkompetensi, profesionalitas dan keterampilan teknis disetiap bidang masing-masing sehingga menjadikan PMII lebih berprestasi.
Melihat hal itu semua, maka Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Konisariat UIN SGD Cab. Kab. Bandung bermaksud mengadakan kegiatan Pelantikan Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
B.       LANDASAN KEGIATAN
1.      Pancasila, UUD 1945 danAswaja
2.      Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga PMII
3.      Program Kerja PMII PR Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung
4.      Hasil Rapat Pembentukan Rayon (RPR)  pada tanggal 27 September 2014.
C.      NAMA DAN TEMA KEGIATAN
1.      Kegiatan ini bernama “Pelantikan dan Up-Grading”
2.      Tema dari Pelantikan adalah


D.      MAKSUD DAN TUJUAN
1.         Umum
a.       Membuka ruang transformasi, pemahaman dan kesadaran dari perspektif teologi yang ekslusif dan konfliktual kepada perspektif teologi yang lebih inklusif, pluralis dan humanis.
b.      Membantu Mahasiswa dalam upaya menjalani proses membangun dan mengembangkan perdamaian di dalam kehidupan bermasyarakat yang berbasis multikuturalisme yang inklusif, pluralis dan humanis. 
c.       Membuka ruang wacana Intelektual dikalangan Mahasiswa melalui berbagai wadah pengembangan Intelektual
d.      Membangkitkan kesadaran betapa pentingnya berproses bagi kader secara individual dan komunitas PMII secara umum.
2.      Khusus
a.       Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia
b.      Membentuk kepengurusan Organisasi yang baru
c.       Membawa Konstruk yang lebih baik untuk organisasi kedepan
d.      Mempertegas proses kepemimpinan persfektif Organisasi
e.       Menciptakan tatanan organisasi yang berkesinambungan
E.       PESERTA
1.         Seluruh Kader PMII Rayon IlmuSosial dan Ilmu Politik UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung
2.         Undangan dari Rayon-rayon yang ada di Komisariat UIN Sunan Gunung Djati Cab. Kab. Bandung.
F.       BENTUK KEGIATAN
Kegiatan merupakan agenda Pelantikan Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik periode 2014-2015 dan diikuti oleh  peserta seluruh anggota Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan tamu undangan yang hadir.
Kemudian dilanjutkan dengan Up-Grading dari beberapa narasumber dan diskusi terbuka serta pendalaman dalam kelompok-kelompok. Setiap proses akan dipandu oleh seorang fasilitator.
Pendekatan, metode system studi:
Pendekatan                 : Andragogis, otodidak, partisipatoris
Metode                        : literatur, diskusi, dan Tanya jawab.
G.           PELAKSANAAN
Hari/Tanggal      : Sabtu, 15 November 2014
Tempat               : KNPI Jawa Barat
H.           PELAKSANA
Pelantikan Rayon dan Up-Grading ini di selenggarakan oleh Pengurus Cabang PMII Kabupaten Bandung. Dalam teknis pelaksanaanya dibentuk suatu kepanitiaan berdasarkan SK Pengurus.
I.              ANGGARAN DAN SUMBER DANA
Kegiatan Pelantikan Rayon dan Up-Grading ini diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp. 2.425.000,-00 “Dua Juta Empat Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah”
Adapun sumber dana kegiatan ini diharapkan dari :
1.      Kas PMII PR Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung
2.      Alumni
3.      Donatur lain yang halal dan tidak mengikat

J.             PENUTUP
Demikian proposal Pelantikan Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Up-Grading periode 2014-2015 ini dibuat sebagai bahan acuan bagi yang memerlukannya. Kritik yang konstruktif dari kalangan manapun sangat luas ruangnya kami sediakan, guna mengarahkan dan menyempurnakan kekurangan berbagai aspek.
Demi proporsionalitas dan profesionalisme kerja, laporan visual maupun tertulisakan kami berikan kepada siapa saja yang telah ikut  didalam prosesi mewujudkan kegiatan ini. Akhirnya, dengan segala keterbatasan yang kami miliki, semoga tradisi pencerdasan dan penyadaran integritas moral serta tanggungjawab sekecil apapun yang kita harapkan bisa terwujud menjadi sikap sosial seluruh masyarakat bangsa ini.Terimakasih.

WallahulMuwaffiqIlaaAqwaamithThorieq
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bandung, 10 November 2014

Panitia Pelantikan dan Up-Grading
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia
Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Komisariat UIN ‘SGD’ Cabang Kabupaten Bandung



Syahrul Mubarok
Ketua OC
                                        Sri Intan Rejeki
                                        Sekretaris OC

Mengetahui,


Pahlawan Gowal
Ketua Rayon
Lampiran 1

Waktu
Kegiatan
Keterangan
07:30-08:00
Pengkondisian peserta
Acara
08:00-09:00
Pembukaan & Do'a
MC

1. Pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan Sholawat
Kaisoli Mau
2. Menyanyikan lagu Indonesia Raya & Mars PMII
Zihan Zahrotul M
3. Sambutan ketua OC
Syahrul Mubarok
09:00-11:00
Pembacaan SK
Pengurus Cabang

1. Ketua Rayon Terpilih
Pahlawan Gowal
2. Ketua Komisariat
Pengkuh Bina MF

3. Ketua Cabang
Dhomiry Al-Ghazali
4.Doa tutup
Tatang Rohmat
11:00-12:00
Hiburan

12:00-13:00
Istirahat

Acara

13:00-15:00
Up-Grading
Narasumber:




15:00-18:00
Rapat Kerja
Pengurus
SUSUNAN ACARA
PELANTIKAN PENGURUS RAYON ILMU SOSIAL DAN ILMU
POLITIK MASA KHIDMAT 2014-2015





SURAT KEPUTUSAN
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
RAYON FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
KOMISARIAT UIN SGD CABANG KABUPATEN BANDUNG
Nomor : Istimewa

Tentang:
SUSUNAN KEPANITIAAN
PELANTIKAN RAYON DAN UP-GRADING
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
RAYON ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
KOMISARIAT UIN ‘SGD’ CAB KAB BANDUNG

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Dengan senantiasa mengharap Ridha Allah SWT. Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Fakultas Ushuluddin Komisariat UIN SGD CabangKabupaten Bandung, setelah:
Menimbang                   :
1.       Bahwa PMII merupakan organisasi pengkaderan, yang mana pelaksanaannya harus diformulasikan secara sistematik dan terencana dengan baik.
2.       Bahwa demi kesinambungan organisasi dan peningkatan kapasitas intelektual, maka di pandang perlu dilaksanakannya Pelantikan Rayon dan Up-Grading dengan diawali pembentukan panitia.
3.       Bahwa untuk menyelengarakan Pelantikan Rayon dan Up-Grading, agar berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Maka di pandang perlu di bentuk panitia pelaksana.
Mengingat                      :    
1.       Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PMII
2.       Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII
3.       Program Kerja PMII Rayon Ilmu Sosial dan Ilu Politik Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung.
Memperhatikan            :Hasil Rapat Koordinasi Pengurus Rayon PMII Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung
MEMUTUSKAN
Menetapkan :               1.   Mengesahkan susunan panitia Pelantikan dan Up-Grading Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung. Dengan  Sahabat Syahrul Mubarok Sebagai Ketua, Sri Intan Rejeki  sebagai Sekretaris OC, dan Anita Sari Sebagai Bendahara.
                                         2.   Menugaskan kepada semua Panitia Pelantikan PMII Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Komisariat UIN SGD Cabang Kabupaten Bandung untuk melaksanakan amanat organisasi sesuai dengan hasil keputusan organisasi dan peraturan yang ada.
Surat in berlaku sejak tanggal di tetapkan, dan apabila terdapat suatu kekeliruan akan ditinjau kembali dikemudian hari.
Wallahul muwafiq Ilaa  aqwamittharieq
Wassalamu’alaikum Warahmatullhi Wabarakatuh
Ditetapkan di            : Cibiru-Bandung
Padatanggal              : 07 September 2014

PENGURUS RAYON
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
KOMISARIAT UIN SGD CAB. KABUPATEN BANDUNG



Pahlawan Gowal

Muhamad Fadila Rasyid
Ketua Rayon Terpilih

Sekretaris Terpilih


Lampiran II
SUSUNAN PANITIA PELANTIKAN
PMII RAYON ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
KOMISARIAT UIN SGD
CABANG KABUPATEN BANDUNG

Penanggung Jawab     : Ketua Umum PC PMII Kabupaten Bandung
Panitita Pengarah        : Ketua Rayon FISIP
Ketua OC                    : Syahrul Mubarok
Sekretaris OC             : Sri Intan Rejeki
Bendahara OC                        : Zihan Zahrotul N
                                      Yesi Guspitasari

Seksi-seksi
Acara
-          Dede
-          Ikhratul Akbar
-          April
-          Muklis
-          lia
-          Yuliani Kosasih
Kesektretariatan
-          Wandi Riswandi
-          Zen Ahmad Maliki
-          Tatang Rohmat
-          Kursiyah
-          Ela.
Pubdokak
-          Deri Herdian
-          Wildan Hamdani
-          Iman
-          Ajeng Kurnia N
Konsumsi
-       Wasih Mitarsih
-       Yanti Suryanti
-       Syintia Maharani
Danus
-          Rustandi
-          M. Fadila Rasyid
-          M. Iqbal Fauzi
-          Hendi Darusman
Logistik
-          Ibnu
-          Taufik Alpian
-          Ahmad Junaedi
-          Umu Kulsum

-           


Keterangan : *Koordinator




















Lampiran III
Estimasi Dana Kegiatan
Pelantikan dan Up-Grading
PergerakanMahasiswa Islam Indonesia
Rayon Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Komisariat UIN SGD CabangKabupaten Bandung

Kestari
No
Kebutuhan
Hargasatuan
Jumlah
Frekuensi
Jumlah
1
Amplop
Rp    50.000,00
1
Dus
1
Kali
Rp.  50.000,-00
2
Alat Tulis Kantor
Rp  100.000,00
1
paket
1
Kali
Rp.100.000,-00
3
Proposal
Rp     10.000,00
5
Buah
1
Kali
Rp.  50.000,-00
Jumlah
Rp. 200.000,-00

Publikasi, Dokumentasidan Akomodasi
No
Kebutuhan
Hargasatuan
Jumlah
Frekuensi
Jumlah
1
Spanduk
Rp.    90.000,00
1
buah
1
Kali
Rp.  90.000,-00
3
SewaTempat
Rp  500.000,00
1
paket
1
Hari
Rp 500.000,-00
4
Tranportasi
Rp     100.000,00
4
buah
2
Kali
Rp  800.000,-00
Jumlah
Rp. 1.390.000,-00

Dana Usaha
No
Kebutuhan
Hargasatuan
Jumlah
Frekuensi
Jumlah
1
Transportasi panitia
Rp    50.000,00
1
paket
10
Hari
Rp500.000,-00
2
Komunikasi
Rp    10.000,00
1
paket
15
Kali
Rp 150.000,-00
Jumlah
Rp 650.000,-00

Acara
No
Kebutuhan
Hargasatuan
Jumlah
Frekuensi
Jumlah
1
Honor Pemateri
Rp  100.000,00
3
orang
1
Kali
Rp. 300.000,-00
2
Komunikasi
Rp    10.000,00
1
paket
10
Kali
Rp. 100.000,-00
Jumlah
Rp 400.000,-00








Konsumsi
No
Kebutuhan
Hargasatuan
Jumlah
Frekuensi
Jumlah
1
Konsumsi Peserta
Rp10.000,00
200
orang
1
Kali
Rp.  2.000.000,-00
2
Konsumsi Pemateri
Rp 15.000,00
2
orang
1
Kali
Rp.     30.000,-00
3
Konsumsi Moderator
Rp 10.000,00
2
orang
1
Kali
Rp.    20.000,-00
4
Snack
Rp   5.000,00
200
0rang
1
Kali
Rp. 1.000.000,-00
Jumlah
Rp . 3.050.000,-00


Kesekretariatan
Rp  200.000,-00
PublikasiDokumentasidanAkomodasi
Rp. 1.390.000,-00
Dana Usaha
Rp.    650.000,-00
Acara
Rp.    400.000,-00
Konsumsi
Rp. 3.050.000,-00
Jumlah
Rp. 5.690.000,-00

Terhitung“Dua Juta Empat Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah”



Mengetahui,




Zihan Zahrotul M
Bendahara
Horizontal Scroll: Target 





No comments:

Post a Comment